Skip to main content

Penjelasan apa itu post production

 

Post Production: Proses Akhir Penyempurnaan Karya Audiovisual





Pengertian Post Production


Hal pertama yang harus kita bahas adalah pengertian dari istilah post production terlebih dulu. Berdasarkan laman Studio binder, post production adalah sebuah tahapan akhir setelah dilakukan pre-production dan produksi dari suatu karya.

Biasanya, tahap yang memiliki tahapan ini di dalam alur kerjanya adalah film atau karya audiovisual lain, seperti misalnya video klip.

Di dalam post production, nantinya editor akan mengkombinasikan hasil rekaman dan mengeditnya dengan menggunakan efek, lalu akan memasukan musik latar belakang atau voice over, serta elemen lainnya yang saling melengkapi.

Dalam tahap ini, tentunya bukan hanya editor saja yang memiliki peran penting. Didalamnya juga ada foley artistdubbersound engineereditor offline dan online, dan lain sebagainya.

Di dalamnya terdapat kerjasama yang dilakukan antara banyak pihak yang akan menyempurnakan suatu film ataupun karya audio visual lainnya.

Workflow post production

Setelah mengetahu ipost production , maka kini saatnya untuk masuk pada penjelasan singkat terkait alur kerja dari post production.

1. Admin Data



Proses pertama di dalam post production adalah admin data. Anda harus memeriksa setiap rekaman yang sudah diambil, mengkategorikannya pada setiap scene yang akan diedit, dan menyimpan back up datanya.

Langkah ini adalah langkah yang penting, karena bila nantinya aplikasi pengeditan rusak dan berbagai data di dalamnya hilang, Anda masih memiliki data aslinya.

2. Penggabungan Dan Pengeditan Rekaman




Setelah itu, maka Anda harus memilih dan menggabungkan hasil rekaman ke dalam adegan. Dalam tahap ini, nantinya editor akan mengurutkan rekaman dari shot list dan juga script yang sudah dibuat dalam pre-production, dan tentu saja akan mengikuti arahan dari pihak sutradara.

3. Pengeditan Suara




Tahapan selanjutnya yang terdapat di dalam post production adalah pengeditan suara yang terdapat di dalam video.

Umumnya, tanggung jawab untuk menghilangkan noise di latar adalah sound engineer, mereka akan memaksimalkan suara tokoh utama dan hal lainnya.

Nantinya, suara yang sudah diedit akan dimasukkan dan diselaraskan dengan video yang sudah diubah sesuai dengan urutannya.

4. Memasukkan Musik Latar




Bila urutan gambar sudah tepat dan suara pun sudah diedit, maka saatnya untuk memasukan musik latar. Musik latar ini tidak sama dengan suara latar, karena umumnya film yang menggunakan komposisi harus dibuat secara khusus untuk produksi itu sendiri.

Masterclass menjelaskan bahwa memasukkan musik pada tahap ini bisa menampilkan mood yang ingin ditonjolkan dalam suatu adegan.

5. Pemberian Efek Visual



Bila musik sudah dimasukkan, maka waktunya untuk memberikan efek visual. Umumnya, akan ada tim tertentu yang akan mengerjakan efek ini.

6. Color Correction




Tahap selanjutnya adalah color correction atau color grading. Disadur dari laman SkilShare, proses ini dilakukan agar bisa menyamakan tone dari semua keseluruhan karya audiovisual.

Walaupun nantinya ada beberapa adegan yang harus ditonjolkan dan warnanya jadi berbeda, maka setidaknya dalam perbedaan tersebut akan tetap terdapat konsistensi.

Contohnya suatu film sedang menceritakan adegan bahagia lalu tiba-tiba berubah menjadi sedih. Untuk bisa lebih menonjolkan hal tersebut, maka diperlukan adanya perubahan warna secara halus agar suasananya tidak berubah. Jadi bukan hanya dari sisi musik saja yang memiliki peran dalam mengatur suatu film, warna pun bisa berperan penting.

7. Penambahan Kredit Dan Subtitle




Tahap terakhir yang harus dilakukan di dalam post production adalah menambahkan judul kredit, dan subtitle bila dibutuhkan. Pada intinya, seluruh elemen grafis yang bisa ditambahkan sampai akhir pengeditan.

itu dia 5 penjelasan tahapan dalam membuat film, gimana udah pada ngerti belum tahapan tahapan membuat film? kalian bisa baca juga di blog andrianirifannia.blogspot.com. okayy terimakasi good luck guys.


Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Aperture dan iso Pada Kamera Serta Fungsinya?

Ini adalah penjelasan singkat t entang Fungsi Aperture dan ISO Pada Kamera, Beserta Efeknya  Dunia fotografi sudah semakin akrab dengan masyarakat seiring dengan berkembang pesatnya pemasaran smartphone di seluruh dunia.  Apa Itu Aperture? Aperture adalah bukaan lubang diafragma pada  lensa kamera . Seperti yang kita tau, untuk bisa menghasilkan sebuah foto, kamera akan bekerja dengan menangkap cahaya. Ketika kita membidik dan mengambil sebuah foto menggunakan kamera, cahaya akan masuk melalui lensa kamera. Kemudian, cahaya tersebut akan diteruskan menuju sensor kamera. Dan sensor inilah yang kemudian bertugas menangkap cahaya, dan diterjemahkan menjadi sinyal tegangan, untuk kemudian diolah agar bisa menjadi sebuah gambar digital berupa foto. Biasanya, nilai aperture akan ditandai dengan huruf “ f/angka ”. Misalnya,  f/22 ,  f/11 , hingga  f/1.8  dan seterusnya. Jadi, huruf f pada kamera yang kemudian diikuti dengan angka di belakangnya, adalah untuk menunjukkan nilai aperture pada le

Seperti apa kegiatan ria wfh??

 Haii haii haiii hari ini jumat 15 agustus memulai kegiatan pkl seperti biasa dengan tugas pertama dari teh ochi yaitu tugas vidio 6 folder. Selanjutnya ria melanjutkan ppt kemarin dan setelah itu ria mengerjakan tugas blogger seperti biasanya. kegiatan wfh ria hari selasa 15 agustus sudah selesai. pkl di cyberlabs enjoy dan asik. Find out more on instagram  Cyberlabs!! Cyberlabs academy :  https://instagram.com/cyberlabsacademy?igshid=MzRlODBiNWFlZA== Cyberlabs official :  https://instagram.com/cyberlabsofficial?igshid=MzRlODBiNWFlZA== Don't forget for follow  cyberlab  instagram, thank you.

APA ITU DESAIN GRAFIS??

Mungkin saat ini kamu bertanya tentang pengertian Desain Grafis,  Maka dari itu kali ini tim AffariaDesain akan membahas desain grafis secara lengap, mulai dari pengertian, jenis, hingga contoh-contohnya. Yang pertama pengertian desain grafis. Penjelasan Apa itu Desain Grafis, Jenis, prinsip dan Contohnya Penjelasan Desain grafis Desain grafis adalah  suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual.  Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan. Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin. Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual. Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan.  Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin. Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain adalah suatu metode perancangan estetika. Metode p