Skip to main content

APA SIH YANG DIMAKSUD DESAIN KOMUNIKASI VISUAL ITU?

Disain komunikasi visual 

DKV adalah kopetensi keahlian
yg mempelajari disain secara visual,fotografi, videografi dan juga mempelajari program UX yaitu Figma. DKV adalah salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi melalui berbagai media yang dapat berupa gambar, tatanan huruf/tifografi, video, media interaktif, dan media visual lainnya agar gagasan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. disain yg di rancang sedemikian rupa dengan elemen visual dibuat semenarik mungkin. Softwere yg biasanya digunakan untuk membuat sebuah disan yaitu Adobe photoshop, Adobe illustrator, corelDraw dan lain sebagainya, program UX/UX yg di ajarkan kami biasanya menggunakan Softwere yaitu figma. 

DKV merujuk pada sebuah program studi di perguruan tinggi yg fokus pada penggembangan kreativitas dan kemampuan visual untuk menciptakan karya desain. contohnya membuat sebuah logo, poster, pamplate, Banner, dan lain sebagainya.
 
Pengertian DKV

Desain
Desain yaitu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.

Komunikasi
Komunikasi adalah proses dalam menyampaikan informasi dan pesan melalui simbol atau lambang yang menggandug pengertian tertentu.

Visual
visual adalah desain yang menggunakan sebagai medium kemunikasi dalam bentuk visual.

1.fotografi
Fotografi adalah metodepengambilan gambar atau foto suatu objek dengan pantulan cahaya  yg bisa di sebut seni melukis cahaya. Fotografi memiliki banyak selaku teknik dasar pengambilan gambar contohnya yaitu eye level, high angle, low angel, bird eye dll.







2. Videografi
video grafi adalah media yang digunakan untuk merekam kejadian menjadi satu gambar dalam bentuk suara atau video. Untuk membuat videografi yang berkualitas, dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang mendalam mengenai teknik pengambilan gambar, karena hasil videografi dapat dinikmati oleh semua orang. videografi biasa berbentuk film, iklan, podcast, dokumenter, vlog, dan lain sebagainya.






                                                                                       3.Disain grafis 

Desain grafis adalah kombinasi yang kompleks antar teks dan gambar, angka dan grafik foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seseorang yang bisa menggabungkan elemen-elemen tersebut, sehingga menghasilkasn sesuatu yg menarik.
 


4.Photoshop
                                                                              
Photoshop adalah softwere penyuning grafik, adobe photodop merupakan editor berbasis bitmap yg memiliki banyak fitur menarik dan cukup lengkap untuk melakukan editing foto/gambar.
photoshop menyediakan color yg biasa disebut RGB dan CMYK. perbedaan RGB dan CMYK 
  • RGB adalah sistem pewarnaan yang digunakan untuk media digital, seperti monitor, layar, dan proyektor. RGB menggabungkan warna merah, hijau, dan biru untuk menghasilkan warna putih.
  • CMYK adalah sistem pewarnaan yang digunakan untuk media cetak, seperti kertas, kanvas, dan kain. CMYK menggabungkan warna cyan, magenta, kuning, dan hitam untuk menghasilkan warna yang mendekati hitam. 

                                                                                       5. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang termasuk ke dalam Adobe Creative Cloud. Aplikasi ini cukup populer di kalangan profesional, desain bisnis, dan bahkan dalam dunia seni. 
Adobe illustrator juga banyak menyediakan fitur menarik dan tool yg lengkap.


6.CorelDraw
CorelDRAW adalah perangkat lunak desain berbasis vektor yang digunakan untuk membuat gambar dua dimensi seperti logo, brosur, kartu undangan, dan segala jenis desain vektor berdasarkan garis. 




  

UI UX

Apa Itu UX?

User experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda jadi bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna.

Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan pengalaman yang menyenangkan bagi pengguna saat menggunakan produk Anda. Pengguna jadi mudah dan nyaman saat menggunakan produk.

UI UX adalah kepanjangan dari User Interface (UI) dan User Experience (UX) yang sangat penting dalam pengembangan produk-produk digital seperti aplikasi dan website.

                                                                                       7.figma
Figma adalah aplikasi berbasis web untuk mendesain UI dan UX yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi, web, serta berbagai komponen user interface yang dapat digabungkan ke dalam project lainnya. 
prototyping yg terhubung tentu saja dapat di interaksi seperti kita menggunakan sebua aplikasi di smartphone. 

fungsi utama dari figma adalah untuk membuat desain aplikasi baik website maupun mobile. untuk mendukung hal tersebut figma juga menyediakan pilihan frame untuk phone yang meliput Iphone dan android, frame untuk desktop, dan tablet.

Fungsi desain yaitu merupakan proses untuk menciptakan atau membuat objek baru.
Merupakan alat untuk menginformasikan suatu objek-objek baru kepada masyarakat dengan gambaran berupa desain.
Merupakan wadah untuk mempertunjukan objrk-objek baru kepada masyarakat seperti poster ataupun banner.

Beberapa unsur yg ada di desain grafis yaitu:
  • Garis

Unsur-unsur desain yang pertama adalah garis yang menyatukan satu titik dengan titik yang lain sehingga menjadi bentuk gambar garis lengkung (curve), atau garis lurus (straight). Garis adalah unsur paling dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain.

  • Ruang

Unsur-unsur desain berikutnya adalah ruang yang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ruang dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika pada desain. Sebagai contoh, tanpa ruang kamu tidak akan tahu mana kata dan mana kalimat atau paragraf.

  • Warna

Warna merupakan unsur penting dalam objek desain. Dalam pewarnaan sebaiknya disesuaikan dengan desain yang akan dibuat. Karena bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan ataupun membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual dengan jelas.

  • Ukuran

Selain warna, unsur-unsur desain selanjutnya adalah ukuran yang bisa mendefinisikan besar atau kecilnya suatu objek.

  • Bentuk

Bentuk merupakan semua hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk-bentuk dasar yang diketahui orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

  • Tekstur

Tekstur adalah tampilan dari gambar ataupun desain yang visualisasi permukaannya mempunyai suatu bentuk, pola dan corak yang bisa dilihat dan dicermati oleh mata bahwa permukaan pada gambar tersebut terlihat halus atau kasar.

 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Aperture dan iso Pada Kamera Serta Fungsinya?

Ini adalah penjelasan singkat t entang Fungsi Aperture dan ISO Pada Kamera, Beserta Efeknya  Dunia fotografi sudah semakin akrab dengan masyarakat seiring dengan berkembang pesatnya pemasaran smartphone di seluruh dunia.  Apa Itu Aperture? Aperture adalah bukaan lubang diafragma pada  lensa kamera . Seperti yang kita tau, untuk bisa menghasilkan sebuah foto, kamera akan bekerja dengan menangkap cahaya. Ketika kita membidik dan mengambil sebuah foto menggunakan kamera, cahaya akan masuk melalui lensa kamera. Kemudian, cahaya tersebut akan diteruskan menuju sensor kamera. Dan sensor inilah yang kemudian bertugas menangkap cahaya, dan diterjemahkan menjadi sinyal tegangan, untuk kemudian diolah agar bisa menjadi sebuah gambar digital berupa foto. Biasanya, nilai aperture akan ditandai dengan huruf “ f/angka ”. Misalnya,  f/22 ,  f/11 , hingga  f/1.8  dan seterusnya. Jadi, huruf f pada kamera yang kemudian diikuti dengan angka di belakangnya, adalah untuk menunjukkan nilai aperture pada le

APA ITU DESAIN GRAFIS??

Mungkin saat ini kamu bertanya tentang pengertian Desain Grafis,  Maka dari itu kali ini tim AffariaDesain akan membahas desain grafis secara lengap, mulai dari pengertian, jenis, hingga contoh-contohnya. Yang pertama pengertian desain grafis. Penjelasan Apa itu Desain Grafis, Jenis, prinsip dan Contohnya Penjelasan Desain grafis Desain grafis adalah  suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual.  Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan. Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin. Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual. Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan.  Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin. Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain adalah suatu metode perancangan estetika. Metode p