Skip to main content

PENJELASAN SEPUTAR FOTOGRAFI

 apa itu Fotografi?

 fotografi adalah sebuah proses melukis dengan bantuan media cahaya  Fotografi juga dapat dikatakan sebagai proses dalam menghasilkan gambar atau foto dari sebuah objek dengan cara melakukan perekaman dari pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut di sebuah media yang sensitif terhadap cahaya.

1. Mengenal kamera dan fungsinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamera merupakan kotak kedap sinar yang dilengkapi dengan lensa dan menyambung pada lubang lensa sebagai tempat objek yang akan direkam dengan menggunakan alat pekat cahaya.

2. Komponen kamera

Komponen kamera yang utama hanya ada 2, yaitu lensa dan body kamera.

2. -Pengertian lensa kamera

Lensa merupakan komponen kamera yang selalu menempel di depan kamera yang berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya.

Lensa memiliki element penting untuk membuat gambar lebih fokus yang disebut dengan diafragma yang ditandai dengan **F/ ** (bacanya F stop)

Diafragma atau yang disebut juga dengan istilah bukaan memiliki komponen penyusun yang disebut dengan IRIS.



iris di dalam lensa

Intinya Diafragma bisa diatur besar kecilnya, sesuai kebutuhan, dan teknik fotografi yang ingin digunakan. Jika anda belum paham ini, tenang, di website ini akan dibahas secara singkat dan padat.

Prinsip kerja diafragma pada lensa adalah semakin besar bukaan maka cahaya yang masuk ke dalam body kamera akan semakin banyak.

Diafragma / bukaan besar ditandai dengan angka kecil. Sedangkan bukaan kecil ditandai dengan angka besar.

Contohnya lensa dengan bukaan f/1.4 memiliki bukaan yang lebih besar daripada f/11.

3. Jenis-jenis lensa kamera

1. Digital Single Lens Refleks DSLR

jenis jenis kamera DSLR

Digital Single Lens Reflex adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Kamera DSLR memiliki tampilan yang besar dan tebal. Body yang besar ini membuat kamera lebih kokoh saat dipegang. Selain itu apabila dipasang dengan lensa berukuran besar, bodi DSLR yang besar membuat keseimbangan yang baik dengan berat dan ukuran lensa.

2. Mirroless

jenis-jenis kamera Mirrorless

Sesuai dengan namanya, tidak memiliki cermin atau pentraprisma. Jadi cahaya akan melewati lensa dan langsung ke sensor yang kemudian menampilkan pratinjau gambar di layar LCD atau pada electronic viewfinder (EVF).

Kamera mirrorless memiliki body yang lebih kecil dari kamera DSLR. Bentuk body yang compact memberikan keuntungan bagi pengguna yang mengutamakan mobilitas dengan ukuran kamera yang lebih ringan.

Tombol pengaturan pada kamera mirrorless juga lebih sederhana dibandingkan dengan kamera DSLR. Kamera mirrorless merupakan pilihan favorit bagi fotografer pemula.

3. Point and Shoot

jenis-jenis kamera Point and Shoot

Kamera jenis point and shoot menghilangkan kebutuhan manual seperti menyesuaikan kecepatan rana, aperture, fokus, dan ISO. Kamera ini biasanya memiliki flash internal dan juga sistem yang memungkinkan fotografer memilih sistem pencahayaan yang sesuai dengan kondisi yang berbeda.

Perangkat jenis ini sangat cocok untuk pemula dalam bidang fotografi, karena itulah kamera ini serba otomatis. Ia tidak memiliki tombol yang banyak, sehingga memungkinkan kamu untuk menggunakannya tanpa mengatur kamera secara manual seperti kamera DSLR atau sejenis.

Kamera ini biasanya menggunakan fitur touchscreen yang membuat kamera lebih mudah untuk digunakan.

4. Bridge

jenis-jenis kamera bridge camera

Kamera ini disebut bridge karena menjembatani pengguna kamera pocket untuk mendapatkan fitur dan kualitas yang lebih baik mendekati kamera DSLR.

Kamera bridge dilengkapi dengan pengaturan layaknya DSLR dan juga dapat digunakan secara otomatis layaknya kamera pocket pada umumnya.

Dengan harganya yang terjangkau dan bodinya yang ringkas, kamera jenis ini cocok sekali bagi kamu yang ingin beralih dari kamera pocket ke kamera yang semi-profesional.

5. Kamer Film Atau Analog

jenis-jenis kamera film

Walaupun sudah berumur, kamera film kembali naik daun dan populer dikalangan anak-anak muda. Kamera jenis ini kembali digemari karena hasil foto yang unik dan memberikan kesan vintage.

Kamera ini menggunakan rol film untuk memotret gambar. Kamera film 135 (35mm, full frame)
merupakan yang paling umum digunakan dan memiliki ukuran body yang lebih kecil dibanding kamera film lainnya.

Kamera film 135 memiliki beberapa jenis, seperti rangefinder, kamera compact, dan SLR.

Ciptakan karya fotografi terbaikmu dengan kamera mirrorless terbaik di sini!

6. Kamera Instan



Kamera polaroid disukai banyak orang karena dapat mencetak foto yang baru ditangkap secara langsung. Jelas fitur ini tidak bisa kamu kamu dapatkan pada kamera digital.

Sama seperti kamera film, polaroid juga mengandalkan film. Perbedaanya yaitu kamera film menggunakan film yang berbentuk gulungan, sedangkan polaroid memakai film yang bentuknya kotak.

7. Action Camera


Action camera atau kamera aksi merupakan kamera yang sering digunakan untuk mendukung aktivitas di luar ruan. Biasanya kamera ini lebih tahan lingkungan ekstrem dan bisa dibawa menyelam di dalam air.

Ukurannya yang ringkas membuatnya mudah dibawa-bawa ke mana pun. Salah satu yang terpopuler adalah kamera aksi GoPro.

8. kamera 360

jenis-jenis 360 Degree

Seperti namanya, kamera 360 derajat mampu mengambil foto yang memiliki banyak POI (point of interest). Kamera ini dilengkapi dengan 36 buah lensa, bahkan mampu menghasilkan foto dengan total resolusi maksimal pada 108 MP.

Kamera tipe ini cocok untuk mengambil gambar pemandangan alam, suasana ruangan, dan foto situasional lainnya.

9. Medium Camera

jenis-jenis kamera Medium Format

Kamera Medium Format merupakan kamera yang biasanya menggunakan rollfilm. Besarnya format film pada kamera ini ditentukan oleh panjang foto yang direkam diatas kamera.

Pada umumnya, format film pada kamera medium format dimulai dari format film 4,5X6, 6X6, 6X7, 6X8, 6X9, atau ada juga panorama kamera dengan format sampai dengan 6X17.

Kelebihan dari kamera medium format ini adalah pada kualitas hasil foto yang bisa dicetak dengan ukuran besar, sehingga kebanyakan kamera ini dipakai untuk tujuan komersial atau reproduksi seperti foto untuk pemasangan iklan di poster, baliho, billboard, dan lainnya.

10. UnderWater Camera

Ini merupakan kamera dengan fitur unik. Sesuai namanya, kamera jenis ini berfungsi untuk merekam kegiatan di bawah laut. Biasanya, ia punya ketahanan luar biasa di kedalaman air, bahkan mampu bertahan di suhu rendah.



Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Aperture dan iso Pada Kamera Serta Fungsinya?

Ini adalah penjelasan singkat t entang Fungsi Aperture dan ISO Pada Kamera, Beserta Efeknya  Dunia fotografi sudah semakin akrab dengan masyarakat seiring dengan berkembang pesatnya pemasaran smartphone di seluruh dunia.  Apa Itu Aperture? Aperture adalah bukaan lubang diafragma pada  lensa kamera . Seperti yang kita tau, untuk bisa menghasilkan sebuah foto, kamera akan bekerja dengan menangkap cahaya. Ketika kita membidik dan mengambil sebuah foto menggunakan kamera, cahaya akan masuk melalui lensa kamera. Kemudian, cahaya tersebut akan diteruskan menuju sensor kamera. Dan sensor inilah yang kemudian bertugas menangkap cahaya, dan diterjemahkan menjadi sinyal tegangan, untuk kemudian diolah agar bisa menjadi sebuah gambar digital berupa foto. Biasanya, nilai aperture akan ditandai dengan huruf “ f/angka ”. Misalnya,  f/22 ,  f/11 , hingga  f/1.8  dan seterusnya. Jadi, huruf f pada kamera yang kemudian diikuti dengan angka di belakangnya, adalah untuk menunjukkan nilai aperture pada le

APA ITU DESAIN GRAFIS??

Mungkin saat ini kamu bertanya tentang pengertian Desain Grafis,  Maka dari itu kali ini tim AffariaDesain akan membahas desain grafis secara lengap, mulai dari pengertian, jenis, hingga contoh-contohnya. Yang pertama pengertian desain grafis. Penjelasan Apa itu Desain Grafis, Jenis, prinsip dan Contohnya Penjelasan Desain grafis Desain grafis adalah  suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual.  Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan. Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin. Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan secara visual. Desain grafis akan memanfaatkan suatu gambar sebagai media dalam penyampaian pesan.  Informasi yang disampaikan di dalamnya akan dilakukan seefektif mungkin. Desain grafis berasal dari dua kata, yaitu kata desain dan kata grafis. Desain adalah suatu metode perancangan estetika. Metode p

Seperti apa kegiatan ria wfh??

 Haii haii haiii hari ini jumat 15 agustus memulai kegiatan pkl seperti biasa dengan tugas pertama dari teh ochi yaitu tugas vidio 6 folder. Selanjutnya ria melanjutkan ppt kemarin dan setelah itu ria mengerjakan tugas blogger seperti biasanya. kegiatan wfh ria hari selasa 15 agustus sudah selesai. pkl di cyberlabs enjoy dan asik. Find out more on instagram  Cyberlabs!! Cyberlabs academy :  https://instagram.com/cyberlabsacademy?igshid=MzRlODBiNWFlZA== Cyberlabs official :  https://instagram.com/cyberlabsofficial?igshid=MzRlODBiNWFlZA== Don't forget for follow  cyberlab  instagram, thank you.